METODE PEMBELAJARAN

Proses pembelajaran pada HSTSB menggunakan pendekatan yang lebih tematik, aktif, konstruktif dan kontekstual serta belajar mandiri melalui penekanan kepada kecakapan hidup dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Pertemuan komunitas dilaksanakan dua kali seminggu selama tiga jam dalam sekali pertemuan dalam kelas kecil 6-10 orang per kelas untuk memaksimalkan penyerapan ilmu, selebihnya peserta HSTSB diberikan kebebasan untuk belajar secara mandiri di rumah.

Pembelajaran Jarak Jauh

HSTSB juga memfasilitasi layanan pembelajaran jarak jauh dimana HSTSB akan menyediakan modul dan materi pembelajaran serta ujian serta komunikasi dapat dilakukan dengan telefon dan email. Dengan menggunakan metode tersebut, para homeschoolers bisa memanfaatkan waktu untuk menyesuaikan ritme aktivitas mereka dengan kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan Tutorial Komunitas

Kegiatan rutin dua kali seminggu di mana para homeschoolers akan dikunjungi oleh alumni HSTSB ataupun tutor komunitas untuk menyampaikan materi pelajaran.

Tutor ke Rumah

Diluar waktu tutorial komunitas, peserta HSTSB diharapkan mampu belajar mandiri dibawah bimbingan orangtua. Namun untuk kondisi tertentu orangtua bisa mendatangkan tutor ke rumah dalam membantu orang tua membina peserta HSTSB. Homeschoolers juga dapat belajar berkelompok dengan mendatangkan tutor ke rumah atau tempat yang telah disepakati.

Succes Story

Mengundang tokoh profesional dari industri tertentu yang berhasil menemukan kesuksesan sebagai pembelajaran dan inspirasi bagi homeschoolers.

Project in class

Memantapkan pemahaman homeschoolers mengenai materi pembelajaran melalui kegiatan praktek dan penciptaan karya.

Akselerasi

Program penyesuaian jenjang pendidikan dengan kemampuan akademis homeschoolers untuk membantu mereka berkembang lebih cepat.

Outing

Kegiatan belajar luar ruangan untuk memperluas wawasan dan menjadi sarana homeschoolers untuk bersosialisasi dan refreshing.